Kawasaki Binter, Merek Motor yang Pernah Cemerlang di Tanah Air

kawasaki binter

Tahukah kamu kalau dahulu, Motor Kawasaki pertama dipasarkan di Indonesia dengan nama ‘Binter’ (Kawasaki Binter)? Bukan tanpa sebab, ini karena dulu Binter alias “Bintang Terang” merupakan pemegang merek lokal di Indonesia untuk motor Kawasaki yang berasal dari Jepang.

Tapi sayangnya, karena satu dan lain hal, perusahaan ini tutup buku pada tahun 1984. Di kemudian hari, Kawasaki akhirnya bermain kembali di pasar motor tanah air, tetapi tanpa embel-embel Binter.
Apa aja sih motor Kawasaki Binter yang pernah cemerlang di tanah air?

Kawasaki Binter, Merek Motor yang Pernah Cemerlang di Tanah Air

Kawasaki Binter KZ200 (Merzy 200 cc)

( Foto : WordPress )

Sekitar tahun 1980, Binter memproduksi sepeda motor berkapasitas mesin besar, yaitu Binter Merzy. Dengan kapasitas mesin 200 cc dengan mesin 4-tak, Binter Merzy merupakan sepeda motor bermesin paling besar pada era tersebut. Namun sayangnya tidak sebanding dengan daya lajunya. Seiring dengan tutupnya perusahaan PT. Bintang Terang, Binter Merzy pun hanya terjual sampai tahun 1985 saja.

Sepeda motor yang hingga kini masih banyak peminatnya ini, pada masa emasnya dahulu merupakan sepeda motor para biker untuk dimodifikasi menjadi bentuk chopper a la Harley Davidson.

Kawasaki Binter Joy

( Foto : Ebay )

Motor yang faktanya sudah susah sekali kita temukan di jalanan ini merupakan bebek pertama yang menggunakan suspensi depan teleskopik seperti motor bebek “zaman now”. Karena pada masanya, bebek-bebek seperti Honda Super Cub 800, C70, Astrea Star, Suzuki Family, atau Yamaha V75 masih menggunakan suspensi depan yang bisa dibilang jadul. Meskipun dibekali dengan suspensi depan yang yahud, Binter Joy ini cuma diberi tenaga dengan kapasitas mesin 85 cc saja (4 tak). Binter Joy ini sebetulnya merupakan cikal bakal dari Kawasaki Kaze dan Blitz di kemudian hari.

Baca Juga :  Review New Honda Forza 250cc

Kawasaki Binter KE 125

( Foto : Bikepics )

Tidak hanya mengeluarkan motor touring dan sport, Bintang Terang ternyata pernah bermain di segmen motor trail dengan memproduksi Binter KE 125 pada tahun 1981. Sepeda motor penjelalah tanah itu diberi kekuatan mesin 125 cc 2 langkah. Tersemat suspensi depan dan belakang yang panjang, membuat motor ini terlihat gagah dan kokoh. Binter KE 125 juga dibekali tangki dengan bentuk yang terlihat modern pada zamannya (dikenal dengan istilah desain “Volcano”). Meski faktanya motor ini didesain langsung oleh Kawasaki Jepang, namun dipastikan kita hanya bisa menemui motor ini di Indonesia.

Kawasaki Binter AR125

( Foto : Youtube )

Binter sempat memperkenalkan produk “superbike”-nya, yaitu Kawasaki AR 125. Di Indonesia, Kawasaki AR 125 ini diberi nama Binter AR 125. Motor ini didatangkan secara CBU (Completely Built Up) dari Jepang, yang artinya didatangkan secara lengkap atau utuh dari negeri matahari terbit tersebut. Pada kondisi standar pabrik, motor ini mampu melaju dengan kecepatan 130 km/jam hanya dalam waktu yang singkat. Tak heran jika dengan kondisi tersebut bisa dikatakan Binter AR 125 merupakan sepeda motor terkencang pada masanya.

Kawasaki Binter GTO

( Foto : Mobil Motor Lama )

Ini juga merupakan salah satu jenis motor Binter yang pernah dijual di indonesia, Binter GTO 110 yang diproduksi pada tahun 1980 ini merupakan produk Kawasaki pertama yang bermesin 2 Tak dengan kapasitas mesin 110cc.

Selain dengan kapasitas mesin 110cc GTO juga tersedia dalam versi 125cc, namun demikian kedua motor tersebut hanya berbe

.