Biaya Pajak Mobil: Biaya Balik Nama Mobil

biaya balik nama mobil

Ingin memiliki mobil namun uang yang dimiliki masih kurang untuk proses pembelian cash, ada dua alternatif yang bisa Anda lakukan. Alternatif pertama adalah dengan membeli secara kredit dimana Anda hanya perlu uang muka saja untuk dibayarkan di awal pengajuan aplikasi kredit. Sedangkan alternatif kedua adalah membeli mobil second yang sudah pasti memiliki harga jauh lebih murah dibandingkan membeli cash mobil baru ataupun kredit mobil baru. Namun membeli secara kredit juga ada hal yang perlu ditambahkan sebagai harga belinya yaitu biaya balik nama mobil karena mobil tersebut masih atas nama pemilik pertama sebelum Anda mengubahnya.

Proses balik nama memang dahulu bisa dilakukan kapan saja setelah terjadi proses jual beli. Namun sekarang ini diusahakan untuk langsung mengubah nama mobil second yang Anda beli untuk memudahkan proses pembayaran pajak yang nantinya akan dilakukan setiap tahun. jika mobil yang Anda beli masih atas nama pemilik pertama, maka setiap tahunnya Anda akan membutuhkan KTP dari si pemilik pertama tersebut. Hal tersebut akan merepotkan apalagi jika alamat si pemilik pertama berada di luar kota yang jauh dari rumah domisili Anda.

Untuk proses balik namanya sendiri tidaklah sulit sehingga Anda bisa melakukannya sendiri. Disarankan setelah melakukan pembayaran mobil untuk membelinya, Anda langsung melakukan balik nama di samsat sesuai dengan area mobil tersebut di daftarkan. Jika domisili Anda berbeda dengan domisili pemilik mobil pertama, maka Anda juga perlu melakukan mutasi kendaraan dan mendaftarkannya di samsat sesuai dengan domisili Anda. Proses mutasi dan balik nama akan dilakukan bersamaan dengan pembayaran biaya pajak mobil tahun tersebut jika pemilik pertama belum membayarkannya.

Untuk melakukan balik nama, berikut ini adalah persyaratan yang terlebih dahulu harus Anda lengkapi sebelum datang ke kantor samsat:

  • Fotokopi KTP pemilik baru dan pemilik lama.
  • BPKB asli mobil dan fotokopi.
  • STNK asli dan fotokopi.
  • Kuitansi bermaterai 6000 mengenai jual beli kendaraan.
  • Bukti fisik mobil yaitu gesekan nomer rangka dan nomer mesin yang bisa Anda lakukan dengan bantuan petugas samsat.
Baca Juga :  Kawasaki Binter, Merek Motor yang Pernah Cemerlang di Tanah Air

Setelah semua syarat dilengkapi, Anda bisa mengambil formulir balik nama yang disediakan di loket samsat kemudian mengisinya sesuai dengan data di BPKB atau STNK. Setelah lengkap, serahkan formulir pada petugas sesuai dengan jenis loket yang akan diproses.

Untuk besaran biaya balik nama, disesuaikan dengan biaya pajak mobil tahunan yang tertulis di STNK. Jadi semakin besar pajak mobil Anda maka akan semakin besar biaya balik nama. Berikut ini adalah simulasi biaya balik nama sebagai gambaran bagi Anda:

  • Biaya pajak tahun tersebut jika belum dibayarkan.
  • Biaya balik nama 2/3 dari biaya pajak.
  • SWDKLJ Rp. 143.000.
  • Administrasi STNK Rp. 75 ribu.
  • Administrasi TNKB Rp. 50 ribu.
  • Biaya di luar pajak yang meliputi biaya jasa cek fisik, pembelian map dan materai, biaya fotokopi, pengesahan cek fisik, pendaftaran STNK, dan pendaftaran balik nama.

Masih bingung dengan simulasi cara balik nama di atas? Tak perlu takut untuk melakukan proses sendiri karena dengan sistem online seperti sekarang ini semua proses di samsat memang harus dilakukan oleh yang bersangkutan agar biaya yang dikeluarkan menjadi semakin ringan.

 

.